Skip to main content

Search Modal

Inilah Daftar Performance Car yang Dikembangkan Oleh TOYOTA GAZOO Racing

Main Area

Main

Inilah Daftar Performance Car yang Dikembangkan Oleh TOYOTA GAZOO Racing

TOYOTA GAZOO Racing (TGR) bukan sekadar organisasi balap global Toyota. Lebih dari itu, TGR juga memiliki misi untuk menciptakan ever-better cars yang mewarisi DNA mobil balap Toyota yang berlomba di berbagai ajang kompetisi motorsport dunia.

Visi tersebut sangat mungkin terlaksana lantaran TGR membawa kendaraan produksi massal untuk berlaga di berbagai ajang balap, baik domestik, regional, hingga global. Berbekal database kendaraan yang berlaga di berbagai arena balap di seluruh dunia, TGR bisa meramu mobil versi massal yang bisa membangkitkan antusiasme penggunanya di jalan layaknya mengemudi mobil balap di sirkuit ternama.

Salah satu contoh yang sudah masuk Indonesia adalah Toyota GR Supra. Supercar berkarakter sport kental ini merupakan produk yang dikembangkan oleh TGR sejak dari nol. Pengalaman di dunia balap, terutama di sirkuit legendaris Nürburgring, dijadikan acuan pengembangan. Hasilnya adalah sebuah sports car penuh talenta yang begitu memacu adrenalin saat dikemudikan.

Limited Edition GRMN

GRMN adalah singkatan dari Gazoo Racing Master of Nurburgring. Seperti diketahui, Toyota memiliki ikatan yang sangat kuat dengan sirkuit yang berada di negara Jerman tersebut, bahkan partisipasi balap pertama Toyota di Eropa adalah di sirkuit Nurburgring. Pengalaman puluhan tahun berlomba di Nurburgring memberikan inspirasi pada TGR untuk membuat model limited edition dari versi jalan raya yang diberi tambahan label GRMN, tentu sudah di-fine tune agar punya karakter balap kuat.

Sebelum hadir sebagai versi jalan raya, 86 sempat mengenyam ketatnya persaingan ajang balap ketahanan Nürburgring 24 Jam yang dikondisikan sebagai wahana uji coba mobil baru Toyota berbekal citarasa sport tinggi. Pertama datang di tahun 2011, 86 mencapai puncak kejayaan di Nürburgring 24 Jam di tahun 2012 dan 2014 ketika berhasil merebut gelar juara pertama kelas GT-3.

Toyota 86 yang juara di tahun 2014 mencapai kinerja paling seimbang dalam hal performa, menikung, dan berhenti, bahkan seolah begitu memahami karakter sirkuit. Pengalaman panjang berlaga di Nürburgring 24 Jam membuat 86 semakin kencang dan lincah saat dipacu, sekaligus dewasa, nyaman dan memberi rasa tenang dan percaya diri.

Dari sini muncul keinginan untuk membangun veri GRMN mengandalkan produk yang sudah terbukti cakap di sirkuit dan mampu beradaptasi di segala kondisi jalan biasa. TGR belajar untuk menciptakan kembali rasa yang sama yang ditemukan pada mobil balap ke dalam mobil produksi massal. Hasilnya adalah 86 GRMN yang diproduksi terbatas hanya 100 unit dan langsung sold out saat dijual di tahun 2017.

Satu tahun setelah Toyota comeback ke reli dunia tahun 2017, Yaris GRMN hadir membawa DNA mobil reli ke dalam mobil jalan raya. Sama dengan 86, TGR mengembangkan Yaris GRMN di sirkuit Nurburgring dengan target membawa seoptimal mungkin perilaku mobil reli ke dalam mobil harian versi terbatas. TGR memiliki sebuah garasi sejarak 4 km dari sirkuit ini yang dipakai para spesialis dan pembalap Toyota untuk memberikan sentuhan balap pada Yaris GRMN.

Hasilnya adalah sebuah hothatch yang bisa menari dengan lincah ala mobil reli, punya performa tinggi, dan begitu menyatu dengan pengemudi. Tentu dengan tampilan eksterior yang tak kalah menarik. Hatchback 3 pintu ini mempunyai desain yang atraktif. Sama halnya dengan 86 GRMN, mobil ini juga sold out saat dipasarkan.

GRMN bagaikan training center bagi TGR untuk menimba ilmu dan pengalaman lebih dalam mengenai produk jalan raya dengan citarasa sport yang kuat dan menantang. Seiring waktu, model dengan label GRMN tidak lagi diproduksi dan TGR fokus mengembangkan Pure GR serta flagship dari model yang ada saat ini berlabel GR SPORT.

Perbedaan Pendekatan GRMN dan Pure GR

Terdapat perbedaan pendekatan yang dilakukan oleh TGR dalam melahirkan produk GRMN dan Pure GR. GRMN mengambil basis mobil jalan raya yang sudah ada untuk dimodifikasi sebagai model racing edisi terbatas dengan mengambil kinerja di trek balap Nurburgring sebagai acuan pengembangan. Hasilnya adalah sebuah mobil harian dengan nuansa balap kental dan lebih menghibur dari model aslinya, baik dari segi tampilan maupun performa.

Sedangkan Pure GR, benar-benar sebuah mobil sport yang diciptakan dari nol oleh TGR dengan target utama memberikan performa menghibur ketika pemiliknya berada di balik kemudi dan mencuri perhatian di jalan. Sejauh ini ada 2 pendekatan dilakukan, pertama seperti GR Supra yang mewarisi DNA sports car yang dimiliki oleh Supra sejak generasi pertama untuk membuat mobil sport baru dengan menjadikan pengalaman engineer dan keandalan mobil balap Toyota di arena balap ketahanan kelas production car sebagai pedoman.

Pendekatan kedua adalah “meminjam” sasis model jalan raya untuk dibuat sebuah Pure GR, dimana komponen lain didesain dan diciptakan sendiri oleh TGR untuk menghasilkan performa terbaik ala mobil balap berdasarkan pengalaman panjang yang memberikan banyak informasi penting untuk mendapatkan racikan model paling memuaskan keinginan pemuja kecepatan. Seperti GR Yaris yang memanfaatkan database mobil reli Yaris WRC sebagai pedoman pembuatannya. Baik GR Supra dan GR Yaris harus merasakan ujian di sirkuit Nurburgring sebelum masuk ke line produksi.

Pembagian Segmen Toyota GR

Setiap mobil harian hasil rekayasa TGR mendapatkan kode GR (GAZOO Racing) di dalam namanya sebagai penegas atmosfer racing yang diembuskan, seperti Toyota GR Yaris yang belum lama ini meluncur di Eropa dan Jepang. Secara garis besar nomenklaturnya dibagi dalam 2 segmen, yaitu:

1. Pure GR

Di sini TGR mendedikasi seluruh waktu, sumber daya manusia, pengetahuan, serta teknologi yang dikuasai untuk membangun sebuah mobil idaman dari kertas kosong. Tentunya dengan tetap berpegang pada keahlian yang dilatih dari trek balap dan fokus pada meraih performa hingga di limit tertinggi. TGR benar-benar berupaya menciptakan kendaraan yang berorientasi pada excitement saat berada di balik kemudi dan menarik perhatian di jalan.

GR Supra merupakan produk global pertama yang menggunakan status tersebut. Supra adalah bagian dari sejarah mobil sport Toyota. Sejak pertama diperkenalkan pada tahun 1978, Supra sudah menarik perhatian car enthusiast berkat tampilan sporty dan performa yang kuat. Bahkan, Akio Toyoda mengasah keterampilannya sebagai master driver dalam mengemudi mobil sport dengan menggunakan Supra. Tidak heran jika TGR mencurahkan semua ilmu, pengalaman, dan keahlian di dunia balap untuk melahirkan produk Pure GR global pertama ini.

GR Supra adalah sportscar coupe yang bertujuan memberikan racing excitement saat berkendara. Terdapat 3 kunci utama saat pengembangan Supra, yaitu lebar trek ban, jarak sumbu roda, dan center of gravity. Ketiga elemen ini bertujuan untuk memberikan excitement in driving melalui handling yang lebih mendebarkan, terutama saat cornering karena mobil terasa begitu melekat ke aspal.

Pure GR lainnya adalah GR Yaris. Yaris menjadi model pertama yang mengadopsi platform TNGA (Toyota New Global Architecture) untuk mobil kompak, dan menampilkan desain bodi yang ringan, rigid, dengan pusat gravitasi rendah. TGR membangun GR Yaris dari awal untuk mencapai desain dengan kekakuan tinggi, keseimbangan yang begitu pas, serta mengoptimalkan geometri suspensi depan dan belakang.

Selain GR Supra dan GR Yaris, Pure GR lainnya adalah GR Super Sport Concept. Meski masih berupa prototipe, turunan langsung dari Toyota TS050 HYBRID ini sudah sempat mengitari sirkuit Le Mans Prancis saat gelaran Le Mans 24 Jam belum lama ini. Artinya, GR Super Sport Concept akan segera masuk jalur produksi. Apalagi tahun ini merupakan tahun terakhir partisipasi TS050 HYBRID karena ditutupnya kelas LMP1 dan akan segera dimulainya kelas LMH (Le Mans Hypercar) yang menjadikan GR Super Sport sebagai basis pengembangan.

2. GR SPORT

Versi ini merupakan flagship dari model yang sudah ada. Beberapa sentuhan khas TGR diberikan untuk membedakannya dari versi biasa yang tidak hanya membuatnya tampil lebih sporty dan dinamis, namun juga terkesan eksklusif dan menarik perhatian di jalan. Seperti pemberian aksen warna hitam dan merah sebagai trademark TGR serta panel bodi yang dibuat eksklusif sesuai dengan citarasa balap TGR.

GR SPORT merupakan flagship model Toyota untuk pasar domestik Jepang. Seperti Copen GR SPORT, C-HR GR SPORT, Prius PHV GR SPORT, Aqua GR SPORT, Prius α GR SPORT, Noah GR SPORT, dan Voxy GR SPORT. Sementara di Eropa, tersedia Yaris GR SPORT, Corolla Hatchback GR SPORT, dan Corolla Touring GR SPORT. Sedangkan dari kawasan Amerika Latin terdapat Hilux GR SPORT yang tampil gagah dan sporty berbekal striping body ciri khas TGR di bodi sampingnya.

Yaris GR SPORT mengandalkan mesin 1.500 cc hybrid bertenaga 100 PS. Untuk membuatnya tampil lebih sporty dan meningkatkan pengendalian, model ini menggunakan kit suspensi Sachs yang membuatnya lebih rendah 11 mm dari model standar. Yaris GR SPORT juga memakai pelek eksklusif hanya untuk GR SPORT ukuran 17-inchi dengan atap hitam, spoiler belakang, grille honeycomb hitam, lampu depan dan belakang smoke, dan decals merah di bibir grille besar.

Corolla GR SPORT mewujudkan semangat TGR untuk menyajikan tampilan dinamis dan keandalan berkendara dalam paket penuh performa. Pengaruh TGR ditonjolkan dalam elemen gaya khas Corolla GR SPORT, termasuk grille depan baru dengan lapisan krom gelap, lower skirts dan side sills, serta diffuser belakang. Corolla Hatchback GR SPORT dilengkapi velg alloy 18 inci yang stylish, kaca privasi belakang, fog lamp depan, lampu depan LED, dan warna Ash Grey Bi-tone eksklusif. Pilihan mesinnya adalah 1.800 cc hybrid dan 2.000 cc powerful.

Latest Article
©2020 TOYOTA ASTRA MOTOR
ALL INFORMATION APPLIES TO INDONESIA VEHICLES ONLY