Skip to main content

Search Modal

Semangat Merah Putih Warnai Booth Toyota di IIMS 2014

Main Area

Main

Semangat Merah Putih Warnai Booth Toyota di IIMS 2014
Mengusung tema Creating Tomorrow for Indonesia, Toyota Indonesia menghadirkan booth  berdesain  merah putih sebagai wujud komitmen pengembangan industri otomotif nasional dalam semangat keindonesiaan dalam penyelenggaraan Indonesia International Motor Show (IIMS) ke 22 pada 18-28 September 2014 di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran, Jakarta. Pada booth seluas total 2.850 m2 atau terbesar di ajang IIMS 2014 ini juga akan tampil berbagai produk kendaraan dan kendaraan konsep Toyota dengan teknologi terkini yang ramah lingkungan, seperti mobil konsep FCV Next Generation Future Technology  berbahan  bakar hydrogen sebagai salah satu teknologi masa depan yang dihadirkan Toyota di IIMS 2014.

“Toyota Indonesia telah hadir sejak 43 tahun lalu dengan semangat tumbuh bersama Indonesia. Bersama seluruh stakeholder, kami ingin melanjutkan dalam kontribusi untuk pembangunan ekonomi dan pengembangan sektor industri otomotif. Ini akan terus berlanjut ke masa-masa datang melalui pengembangan produksi, pasar, ekspor maupun program lingkungan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Suparno Djasmin.

Menurut Suparno, salah satu pencapaian itu adalah saat ini dari sekitar 90% produk Toyota yang dijual di Indonesia merupakan karya anak bangsa atau produksi dalam negeri dengan local content sekitar 60%-85%. Dengan capaian ini, tentunya kegiatan produksi Toyota Indonesia mampu mencapai multiplier effect yang lebih besar, tidak hanya melalui pembentukan pendapatan domestik bruto, tapi juga melalui pengembangan sumber daya manusia dan transfer teknologi, termasuk neraca pembayaran.

“Dengan capaian ini Toyota Indonesia siap menghadapi berbagai tantangan ke depan khususnya di sektor otomotif seperti akan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN pada 2015 mendatang. Dengan kualitas produk yang sudah diakui secara global, Toyota Indonesia siap bersaing dengan produk negara ASEAN lainnya baik di pasar dalam negeri maupun di pasar negara anggota ASEAN lainnya. Toyota Indonesia tidak hanya sudah menjadi basis produksi lokal, tapi juga telah menjadi basis produksi untuk pasar global dan ASEAN,” kata Suparno.

Selain didukung iklim ekonomi dan kebijakan pemerintah yang kondusif, pencapaian Toyota Indonesia ini tentu tidak terlepas dari komitmen prinsipal Toyota Motor Corporation seperti dukungan investasi yang selama ini sudah dilakukan. Investasi ini pula menghadirkan akselerasi dalam produksi kendaraan Toyota, baik untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik maupun kebutuhan pasar global. Melalui PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Toyota Indonesia semakin dipercaya oleh principal Toyota untuk melakukan ekspansi ekspor ke lebih dari 70 negara di dunia  dengan kualitas standard Global Toyota.


Booth Toyota Indonesia

Sementara itu, Marketing Director PT TAM Rachmat Samulo mengatakan, tema Creating Tomorrow for Indonesia ini adalah kelanjutan dari tema-tema yang diusung Toyota Indonesia dalam pelaksanaan IIMS pada tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun 2011,Toyota Indonesia tampil dengan tema Journey of Innovation dengan mengedepankan berbagai inovasi untuk masa depan. Pada 2012, Toyota Indonesia mengusung tema Goodness for Tomorrow – yakni menebarkan benih kebaikan untuk masa depan, dan pada 2013 lalu hadir dengan tema Smart Mobility for Better Tomorrow yang artinya Toyota sudah mengarah pada produk dan layanan yang memberikan manfaat bagi masyarakat.

 
“Tahun ini kami hadir dengan tema Creating Tomorrow for Indonesia. Melalui tema ini kami ingin menyampaikan pesan bahwa Indonesia bertekad untuk melanjutkan kontribusinya kepada Indonesia melalui pengembangan industri otomotif dengan produk yang sesuai kebutuhan masyarakat, layanan purnajual, serta program CSR. Ini merupakan komitmen Toyota untuk bersama-sama menciptakan lingkungan yang lebih baik untuk masa depan Indonesia,” kata Rachmat Samulo, Marketing Director PT TAM.

Logo tema tahun ini berbentuk seperti gelombang yang dinamis yang mengandung arti dinamika semangat berkelanjutan Toyota untuk senantiasa memberikan produk dan layanan melebihi ekspektasi konsumen. Sementara warna merah dan putih merupakan simbol khas Indonesia yang mewakili semangat kebangsaan.

Disain itu tergambar pada main booth Toyota yang berada di dalam ruangan Hall D maupun commercial booth yang berada di luar. Secara keseluruhan, booth Toyota akan menempati space seluas 2.850 m2, masing-masing 2.100 m2 untuk main booth dan 750 m2 untuk commercial booth.  “Ini merupakan booth terluas Toyota Indonesia dalam sepanjang penyelenggaraan IIMS,” kata Rahmat Samulo.

Tahun ini, Toyota menampilkan 17 model terkini, 3 unit teknologi masa depan, 3 unit simulator, dengan total 35 produk dan unit display yang bisa disaksikan pada Main Booth serta Commercial Booth Toyota.

Toyota Main Booth IIMS 2014

Di main booth di Hall D, selain menggambarkan semangat untuk selalu maju, desain gelombang juga mempresentasikan semangat Waku Doki yang menjadi ciri khas disain mobil Toyota untuk melahirkan sukacita dan kegembiraan bagi pelanggan saat mengendarai kendaraan mereka.
 

Booth ini juga dilengkapi dengan disain jalan layang yang memiliki makna Toyota senantiasa memberikan ketenangan (peace of mind) bagi konsumen dalam hal produk, serta membawa Indonesia menuju masa depan dengan jalan yang menanjak di bagian kanan booth.

Untuk menjawab kebutuhan konsumen dalam negeri, pada main booth Toyota Indonesia akan menghadirkan model dan line-up yang lengkap mulai AGYA yang efisien, Yaris dan Vios yang modern serta stylish, jajaran MPV fungsional yang dihadirkan sesuai dengan kebutuhan Indonesia, hingga Prius dan Camry dengan teknologi Hybrid. Total unit produk kendaraan display yang akan ditampilkan berjumlah 21 unit termasuk Toyota 86.

Untuk pengunjung, Toyota juga akan menghadirkan berbagai pengalaman menarik. Selain kehadiran artis-artis pendukung yang akan menghibur di akhir pekan, Pengunjung main booth Toyota juga bisa merasakan sensasi mengendarai Toyota FT-1 melalui Simulator.

Selain itu, bagi pengunjung Toyota yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai teknologi terkini dari FCV, dapat menyaksikan di teater Toyota menggunakan teknologi video mapping yang terletak di bagian dalam booth Toyota.

Seperti pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya, pada IIMS 2014 ini booth Toyota juga akan menampilkan kendaraan special exhibit untuk memberikan gambaran kepada pengunjung mengenai produk masa depan Toyota yang didisain untuk meningkatkan kualitas mobilitas dan kenyamanan dan kegembiraan berkendaraan bagi pelanggan, termasuk dalam menghadapi tantangan lingkungan yang silih berganti, termasuk perubahan iklim.

Dalam rangka menghadapi tantangan lingkungan hidup, Toyota senantiasa menghadirkan berbagai kendaraan ramah lingkungan antara lain dengan kehadiran teknologi Toyota Hybrid. Melalui berbagai pengembangan, Toyota Hybrid yang pada awalnya hanya digunakan pada mobil Toyota Prius, kini telah berkembang dan juga digunakan di sejumlah line-up  Toyota lainnya, termasuk Toyota Camry. Kini tidak kurang dari 6,9 juta unit kendaraan berteknologi Toyota Hybrid sudah terjual di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Toyota menjadi pionir dalam menghadirkan teknologi hidrogen yang akan dipasarkan secara masal mulai April 2015 untuk wilayah Jepang, dan akan ditawarkan di California, Amerika Serikat,  serta di Eropa pada musim panas 2015. Dengan kehadiran FCV atau Fuel Cell Vehicle, Toyota memberikan sumbangsih kepada lingkungan dengan emisi NOL. “FCV merupakan kendaraan dengan teknologi masa depan sebagai Next Hybrid yang siap menemani konsumen dalam memberikan Zero Emmision untuk lingkungan, sekaligus untuk menjawab isu krisis energi ke depan ” ucap Samulo.

Mewakili semangat Waku Doki,  Toyota akan menampilkan sports car concept Toyota FT-1 pada IIMS kali ini. FT-1 adalah kendaraan sportscar yang sarat akan warisan sports dan balap model Toyota terdahulu seperti 2000GT, Celica dan Supra. Di-desain oleh Calty Design Research di Newport Beach, California bekerja sama dengan Polyphony Digital yang terkenal sebagai developer game Simulasi Balap – Gran Turismo.

Selanjutnya hadir pula FV2 – sebuah Personal Mobility yang menghadirkan konektifitas antara kendaraan dengan pengendara. Toyota secara berkelanjutan menghadirkan kendaraan Personal Mobility pada perhelatan IIMS yang lalu, seperti i-Unit yang sempat digunakan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tahun 2007 lalu, kemudian i-Real dan Whee. Serta Fun-Vii pada 2013 yang menghadirkan fun dan excitement dengan desain yang unik.

Pengunjung dan keluarga yang berkunjung ke booth Toyota bisa mendapatkan berbagai experience serta hiburan, antara lain kehadiran artis-artis pada akhir pekan hingga Simulator
 

Commercial Booth

Sementara untuk commercial booth Toyota akan menampillkan produk Dyna, Hiace serta Hilux. Serupa dengan main booth di Hall D, commercial booth Toyota pun memiliki desain gelombang sebagai tanda kedinamisan produk-produk komersil Toyota untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Commercial booth Toyota berada di area outdoor JIEXPO dengan luas 750 m2, atau lebih besar dibandingkan dengan tahun lalu yang seluas 513 m2. ***

 

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

PT Toyota-Astra Motor

Press Room Website: http://pressroomtoyotaastra.com/

Telp: (021) 651-5551 ext. 2266/2274

Fax: (021) 651-5231

Latest Article
©2020 TOYOTA ASTRA MOTOR
ALL INFORMATION APPLIES TO INDONESIA VEHICLES ONLY