Skip to main content

Search Modal

Toyota Media Experience Bermodalkan Apresiasi Tinggi Dari Masyarakat, Toyota Ajak Jurnalis Jajal Langsung Teknologi Toyota Safety Sense dan T Intouch pada All New Veloz di SAFE JAKARTA

Main Area

Main

Toyota Media Experience Bermodalkan Apresiasi Tinggi Dari Masyarakat, Toyota Ajak Jurnalis Jajal Langsung Teknologi Toyota Safety Sense dan T Intouch pada All New Veloz di SAFE JAKARTA

Jakarta (30/6) – Sejak All New Avanza dan All New Veloz mengalami Full Model Change di akhir tahun 2021, tahun 2022 menjadi salah satu titik tertinggi pencapaian dari Toyota di segmen LMPV. Dari total penjualan Avanza & Veloz, Toyota berhasil menguasai 41.2% market share, naik dari tahun 2019 yang berada pada level 32.3% (Avanza 21.8%, Veloz 10.5%).

 

Jika dilihat berdasarkan komposisi tipenya, lebih dari 44% atau mayoritas penjualan All New Avanza adalah dengan tipe G MT (manual). Sementara tipe favorit pada All New Veloz adalah Q CVT, dengan komposisi lebih dari 39%. Menariknya, komposisi tipe Q CVT TSS juga cukup tinggi, yaitu lebih dari 35%. Hal ini menandakan antusiasme pelanggan terhadap teknologi, termasuk TSS yang disematkan pada All New Veloz, semakin positif.

 

“Meski sempat terdampak pandemi pada tahun 2020 – 2021, di tahun 2022 rata-rata penjualan Avanza & Veloz berhasil menembus angka 6.135 unit dimana dulu masih bergerak di angka rerata 5100 unit. Yang menarik, kini komposisi penjualan Veloz meningkat tajam dari rata-rata menyumbang 10-12% dari penjualan Avanza & Veloz, sekarang naik ke hampir 17%. Artinya, terdapat kenaikan lebih dari 10% hingga kini Veloz bisa menyumbang lebih dari 40% dari total penjualan Avanza & Veloz. Kami bersyukur berbagai teknologi yang kami sematkan pada keduanya, khususnya TSS mendapatkan apresiasi yang baik dari pelanggan sehingga Veloz sebagai advance 7-seater MPV dapat memberikan kontribusi lebih baik di market LMPV,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

 

Seiring dengan penerimaan baik dari masyarakat terhadap teknologi yang ada pada All New Veloz, Toyota mengajak jurnalis nasional untuk mencoba langsung keandalan teknologi canggih active safety technology Toyota Safety Sense (TSS) dan teknologi berbasis telematika T Intouch dalam acara media experience bertajuk SAFE JAKARTA, Selasa–Kamis (28-30/6). Ragam teknologi dan fitur modern yang dimiliki oleh All New Veloz merupakan bagian dari upaya Toyota untuk dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dari masa ke masa serta mewujudkan mobilitas yang aman, mudah dan nyaman.

 

Selama perjalanan, para jurnalis mencoba teknologi T Intouch yang dapat dimanfaatkan melalui aplikasi mToyota via smartphone. Seperti fitur Find My Car yang dipakai untuk mencari mobil yang akan dipakai test drive dan Geofencing untuk memantau obyek bergerak seperti kendaraan dengan menggunakan teknologi GPS. Dalam perjalanan, turut dinikmati fitur Integrated Head Unit 9 Inch Display untuk mengoperasikan Rear Seat Entertainment dan terkoneksi dengan Android Auto bagian dari Advanced Smartphone Connectivity All New Veloz, serta Wireless Charger.

 

Menggunakan special track, jurnalis juga diajak untuk merasakan langsung keandalan fitur Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking yang dirancang untuk membantu mengurangi risiko tabrakan dengan kendaraan lain di depan, Pedal Missoperation Control membantu mengurangi potensi kecelakaan akibat salah menginjak pedal gas, dan Front Departure Alert akan memberikan peringatan yang dapat didengar ketika mobil di depan tiba-tiba bergerak mendekat saat mengantri di tengah kemacetan. Untuk membuktikan akurasi dan keamanan fitur All Round View Monitor, diadakan challenge parkir mundur dengan semua spion mobil ditutup.

 

Sejarah Singkat Toyota Veloz di Indonesia

 

Toyota mulai memasarkan Veloz generasi pertama sebagai pilihan terbaik untuk pelanggan yang ingin terpenuhi kebutuhan emosionalnya saat berkendara pada tahun 2011. Ketika itu, produk Low MPV Toyota merajai pasar mobil di Tanah Air karena mengadopsi value sebagai MPV praktis dan ekonomis yang sangat sesuai kebutuhan masyarakat serta pelaku bisnis. Veloz datang membawa keyakinan bahwa ada segmen yang menginginkan sebuah MPV tidak hanya sebagai moda transportasi, tapi juga memenuhi kebutuhan emosional pemiliknya, terlihat premium dan berbeda di luar serta memberikan rasa aman dan nyaman di dalam.

 

Pada tahun 2013 dilakukan perbaikan dalam hal Noise, Vibration & Harshness (NVH) dan pengaturan bangku untuk meningkatkan kenyamanan penumpang. Fitur keamanan berkendara disokong oleh Dual SRS Airbags dan rem ABS. Grand New Veloz diperkenalkan di tahun 2015. Pemilihan kata Grand membuatnya terasa lebih berkelas dan berwibawa. Di sini hadir Veloz 1.3 menemani tipe 1.5 dipersenjatai mesin 1.300 cc 4 silinder, keduanya dipasang teknologi Dual VVT-I serta pilihan transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed.

 

Facelift terakhir Veloz hadir tahun 2019 dengan penekanan sisi desain mengarah pada Upgraded Sporty, di mana bumper depan yang kokoh mengikuti gaya desain MPV papan atas Toyota. Atmosfer mewah didapat dari warna kabin dominan hitam, sementara nuansa sporty diperoleh dari red stitching bangku. Tetap memakai mesin 1NR-VE dan 2NR-VE, kaki-kaki Veloz direvisi untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih stabil namun tetap nyaman. Electric Power Steering (EPS) mendapat sentuhan, serta insulator di sasis belakang, floor dan dash panel bagian depan membuat kabin semakin kedap suara.

 

All New Veloz Menggunakan Platform Baru

 

Selama satu dasawarsa terakhir, infrastruktur jalan semakin baik dan menjangkau lebih banyak wilayah pelosok. Jalan tol membentang di Pulau Jawa, sementara di pulau lain jalan tol sedang giat dibangun. Banyaknya area yang terhubung membuat waktu tempuh menjadi lebih cepat. Masyarakat ingin mempunyai mobil yang menjadikan kenyamanan sebagai fokus pengembangan. Selain tetap menjaga keamanan berkendara mengingat kecepatan rata-rata kendaraan lebih tinggi dan mobilitas lebih jauh. Saat di dalam kota, sarana mobilitas yang dipakai tetap sanggup memberikan tingkat comfort dan safety terbaik tanpa kompromi.

 

Di lain pihak, kompetitor di segmen Low MPV juga semakin agresif berbenah diri. Produsen mobil di Indonesia paham, kendaraan aman dan nyaman merupakan salah satu kebutuhan utama pelanggan yang harus disajikan secara apik dan memikat di masa sekarang. Kesan yang dipancarkan harus premium dan up-to-date. Namun begitu, value utama MPV keluarga sebagai kendaraan yang tangguh dan andal untuk segala kebutuhan tidak dapat dihilangkan begitu saja. Untuk itu Toyota melakukan transformasi total pada All New Avanza dan All New Veloz di bulan November 2021.

 

Sesuai visi menghadirkan ever-better cars, Toyota mengambil langkah visioner dalam memulai era baru dengan melakukan transformasi total platform Avanza dan Veloz, dari Front Engine Rear Wheel Drive (FR) menjadi Front Engine Front Wheel Drive (FF). Penampilan sporty dan advance pada All New Veloz merupakan unique selling point utama untuk mengungkapkan sisi emosional pengguna All New Veloz. Toyota juga ingin menyuguhkan kenyamanan terbaik di dalam kabin dan memastikan adanya fitur safety canggih untuk menjaga keamanan penumpang di berbagai kesempatan. Termasuk kemudahan dalam mengakses layanan aftersales berbasis digital cukup memanfaatkan aplikasi ponsel mToyota.

 

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Media Relation

PT Toyota-Astra Motor

Press Room Website: http://pressroomtoyotaastra.com/

Telp: (021) 651-5551 ext. 2266/2274

Latest Article
©2022 TOYOTA ASTRA MOTOR
ALL INFORMATION APPLIES TO INDONESIA VEHICLES ONLY